Tuesday, July 14, 2009

Danau Baikal – Siberia Selatan

.

.

Danau Baikal terletak di Siberia Selatan, Rusia. Danau ini merupakan danau air tawar terbesar di dunia. Lebih dari 20% air tawar di dunia dan 90% air tawar di Rusia berada di danau ini. Tempat ini terkenal sebagai "Blue Eye of Siberia" Dengan luas 31.772 kilometer persegi, terdapat lebih dari 1.700 spesies binatang dan tunbuhan, bahkan di sini ditemui satu-satunya anjing laut air tawar. Dan dengan umurnya yang lebih dari 25.000 maka dapat dikatakan bahwa danau ini merupakan danau yang tertua di dunia.

Suhu air danau Baikal yang terletak di Siberia, Rusia, dikabarkan telah mengalami kenaikan suhu hingga 1,21 derajat Celcius sejak 1946 silam akibat perubahan iklim, "mungkin hampir tiga kali lipat lebih cepat dibandingkan suhu udara global," kata seorang profesor dari Wellesley College Amerika Serikat yang juga menulis karya tulis ilmiah dalam jurnal Global Change Biology edisi Mei 2008, Marianne More.

Selanjutnya, Moore mengatakan, anjing laut air tawar yang membesarkan anak-anak mereka di atas lapisan es dapat sangat menderita karena hal tersebut. Anak-anak anjing laut air tawar juga lebih rentan terhadap serangan predator jika tak ada lagi gua-gua es sebagai tempat terlindungi.

"Berkurangnya lapisan es akan memberikan dampak yang lebih besar dibandingkan dengan pemanasan global itu sendiri,"
Danau ini juga menghadapi risiko dicemari oleh pipa minyak yang akan dibangun perusahaan Transneft di sana, kata praktisi lingkungan di Moskow. Sebuah analisis menyebutkan air di sungai tersebut pada 1 Februari menunjukkan bahwa air telah terkontaminasi “lebih dari 100 kali konsentrasi produk perminyakan,” kata website kementerian

No comments:

Post a Comment