Monday, June 29, 2009

Air terjun Matabuntu Wasuponda - Sulawesi Selatan


Sungai Tumbura yang mengaliri celah-celah sempit di lereng Gunung Lembeonga rupanya menyimpan daya tarik tersendiri. Berada sekitar 30 km dari Sorowako dan tersembunyi di antara lebatnya pepohonan yang menyelimuti kawasan ini, terdapat sebuah air terjun menawan bemama Meruruno.

Juga dikenal Air terjun Matabuntu Wasuponda, air terjun ini memiliki bentuk yang unik. Air terjun ini bertingkat-tingkat, mirip seperti air terjun Moramo di Kendari. Diliht dari bentuknya sudah jelas air terjun terbentuk dari patahan. Meski jumlah tingkatan sebenarnya mencapai puluhan, hanya ada sekitar 6 undakan yang paling tinggi. Air terjun ini mengalir diantara batuan kapur. Air terjun ini akan semakin indah bila debit air sungai ini tidak dalam keadaan kering. Lokasi ini pun menjadi salah satu lokasi favorit para karyawan tambang untuk menghabiskan waktu liburan dan ramai dikunjungi pada saat weekend.

Untuk mencapai air terjun ini memang belum bisa dikatakan mudah dan menggunakan jasa pemandu, nampaknya harus dipertimbangkan. Dari Sorowako, Anda harus mencapai Wasuponda, kemudian mengikuti jalan desa berbatu, menyusuri perkebunan dan persawahan. Selain kondisi jalan yang masih bergelombang di sejumlah tempat, sign untuk menuju air terjun ini juga belum tersedia. Dari perhentian kendaraan terakhir, Anda bisa mengikuti jalan setapak menembus hutan dan agak mendaki.

Menurut pengelola, jalan dan tangga untuk menuju air terjun ini akan ditingkatkan agar pengunjung bisa lebih merasa nyaman untuk menjangkaunya. Namun demikian, semua itu akan terbayar saat mata menyaksikan air terjun unik ini.

No comments:

Post a Comment