Monday, June 29, 2009

Kyoto

Kyomizudera pagoda

Kyoto adalah kota yang terletak di Pulau Honshu Kota ini merupakan bagian dari daerah metropolitan Osaka-Kobe-Kyoto. Kyoto memiliki banyak situs bersejarah dan merupakan ibu kota Prefektur Kyoto. Kyoto selalu indah sepanjang tahun, salju saat musim dingin, mekarnya bunga Sakura di musim semi, bukit-bukit yang sejuk di musim panas, dan pemandangan warna-warni daun musim gugur. Kota Kyoto bentuknya berbukit-bukit karena dikelilingi gunung-gunung di empat penjuru angin. Kyoto semakin indah dengan Sungai Kamo di sebelah timur dan Sungai Katsura yang meliuk-liuk di sebelah selatan. Kota ini letaknya mengarah ke selatan dari Tokyo.


Dari segala hal yang paling tradisional sampai yang paling modern, ada di Kyoto. Istana kerajaan yang dibangun ratusan tahun lalu, temple/kuil, shrines (tempat sembahyang) sampai kereta peluru supercepat yang aman, nyaman, dan tidak pernah telat, shinkansen!


Kyoto terletak di Jepang bagian Selatan yang berpenduduk sekitar 1,5 juta orang ini berhasil menyedot 4 juta wisatawan setiap tahunnya, dan mengukuhkan Kyoto sebagai tujuan pariwisata terkemuka di Jepang sekaligus sebagai pusat budaya.


Kesan pertama tentang Kyoto adalah kota modern yang supersibuk. Lihat saja Kyoto Station. Bangunan baru stasiun ini diselesaikan tahun 1997 untuk memeringati ulang tahun kota yang ke 1200 tahun. Dirancang sangat baik dengan menerapkan struktur baja berbentang panjang oleh Hiroshi Hara, seorang arsitek dan profesor dari Universitas Tokyo.


Bentang main hall kurang lebih mencapai 40 meter dan ketinggiannyapun mencapai 40 meter. Dengan penutup atap berbahankan kaca, main hall terlihat terang benderang oleh cahaya alami dan kelihatan sangat futuristik.


Infrastruktur ini dipersiapkan dengan sangat baik, dari perencanaan, detail rancangan dilaksanakan dengan sungguh-sungguh, juga pemeliharaannyapun sama baiknya. Untuk seorang yang baru pertama kali datang ke stasiun terpadu ini, segala petunjuk signage terlihat jelas, huruf kanji selalu juga disertai huruf latinnya. Tidak sulit menemukan arah menuju stasiun kereta api, bis antarkota atau mencari taxi sekalipun.

Stasiun kyoto dengan pusat belanja yang sangat besar

Kyoto Station dilengkapi dengan fasilitas perbelanjaan yang besar, hotel, bioskop, dan beberapa kantor pemerintahan lokal! Shopping Center yang disebut The Cube, terletak satu atap dengan ketinggian 15 lantai, salah satu anchor tenant yang terbesar adalah Isetan. Segala toko kerajinan khas Jepang tersedia di mana-mana dan juga tentu saja kafe serta restoran, baik lokal maupun makanan internasional.

No comments:

Post a Comment