Friday, June 26, 2009

Pulau Komodo - NTT

.

Pulau Komodo adalah sebuah pulau yang terletak di Kepulauan Nusa Tenggara. Pulau Komodo dikenal sebagai habitat asli hewan komodo. Pulau ini juga merupakan kawasan Taman Nasional Komodo yang dikelola oleh Pemerintah Pusat. Pulau Komodo berada di sebelah barat Pulau Sumbawa, yang dipisahkan oleh Selat Sape.

Di pulau ini, wisatawan dapat melihat hewan komodo yang merupakan spesies kadal terbesar di dunia dengan rata-rata panjang tubuhnya mencapai hingga 3,13 meter dan beratnya mencapai 165 kg. Wisatawan juga dapat menyaksikan berbagai aktivitas hewan langka ini, seperti perkawinan komodo yang terjadi antara bulan Mei hingga Agustus; komodo tengah menyantap rusa, kambing, babi dan menyaksikan komodo berjemur di jalanan dan di cabang pepohonan pada pagi hari. Bagi mereka yang ingin mengunjungi pulau ini terutama mereka wisatawan wanita, sangat dilarang keras untuk pergi ke sini saat haid karena komodo sangat sensitif dengan bau darah. Komodo dapat mencium darah dari jarak 9 kilometer.

Secara administratif, pulau ini termasuk wilayah Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Pulau Komodo merupakan ujung paling barat Provinsi Nusa Tenggara Timur, berbatasan dengan Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Di Pulau Komodo, hewan komodo hidup dan berkembang biak dengan baik. Tahun 2008, di pulau ini hanya terdapat sedikitnya 1200 ekor komodo. Ditambah dengan pulau lain, seperti Pulau Rinca sehingga jumlah mereka keseluruhan menjadi sekitar 2500 ekor. Data ini bukan perkiraan belaka. Setiap komodo yang ada di Pulau ini didata dengan menempatkan microchip pada paha belakangnya dan diberi nomor sehingga dapat selalu dipantau bagaimana jumlah perkembangbiakan komodo.


Selain komodo, pulau ini juga menyimpan eksotisme flora yang beragam kayu sepang yang oleh warga sekitar digunakan sebagi obat dan bahan pewarna pakaian, pohon nitak ini atau sterculia oblongata di yakini berguna sebagai obat dan bijinya gurih dan enak seperti kacang polong.

Taman Nasional Pulau Komodo diusulkan sebagai situs keajaiban dunia dan menjadi tempat tinggal komodo, kadal terbesar di dunia yang sering dianggap sebagai naga. Terpilihnya Segitiga Terumbu Karang sebagai salah satu nominasi juga mengharumkan nama Indonesia, meskipun bentang laut di negeri ini mencakup perairan sejumlah negara lain seperti Malaysia, Papua Nugini, Filipina, Kepulauan Solomon, dan Timor Leste.

No comments:

Post a Comment