Monday, June 29, 2009

Kepulauan Padaido - Papua

.
Kepulauan padaido adalah sebuah gugusan pulau yang terletak di samudera pasifik tepatnya disebelah timur pulau Biak atau kabupaten Biak Numfor. Kepulauan ini terdiri dari 26 pulau- pulau kecil yang terbagi menjadi dua bagian wilayah ,yaitu : Kepulauan Padaido Atas dan Kepulauan Padaido bawah. Kepulauan padaido terdiri dari P. Owi, P. Auki, P. pai, P. Pakreki, P. Padaidori, P. Mbromsi, P. Pasi, P. Manggwandi, P. Workbondi, P. Nusi, P. Wurki dan gugus pulau-pulau kecil lainnya yaitu P. Rasi, P. Nukori, P. dawi dan P. Runi.

Kepulauan ini kaya dengan berbagai jenis Flora dan Fauna antara lain : Jenis Flora ; pohon kelapa, cemara, beringin dan jenis faunanya diantaranya 26 jenis burung dan sumber daya laut seperti Terumbu Karang beserta jenis hewan yang menghuninya. Karena kekayaan akan sumber daya lautnya,Kepulauan Padaido mulai dikembangkan oleh Pemerintah menurut SK. Menteri Kehutanan No. 91/Kpts-VI /97 sebagai Kawasan Taman Wisata Laut.

Terlindung dari ganasnya ombak Samudera Pasifik oleh Pulau Biak dan terletak di perairan yang tenang di teluk Cendrawasih, Kepulauan Padaio merupakan tempat yang paling sempurna untuk melakukan berbagai petualangan bawah air.

Padaido adalah sebuah kepulauan yang terdiri dari 30 pulau kecil dan terletak di sepanjang sisi tenggara Pulau Biak. Dahulu kepulauan ini bernama Kepulauan Schouter, berasal dari nama pemimpin rombongan pelaut Belanda yang pertama kali menemukan kepulauan itu pada 1602, William Schouter.

Berbicara tentang makna, Padaido berasal dari bahasa setempat yang berarti keindahan yang tak dapat diungkapkan. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Biodiversity Conservation Network (BCN), Kepulauan Padaido merupakan salah satu tempat yang memiliki keragaman hayati ekosistem koral terbesar di dunia. Karang di kepulauan ini menyimpan 95 spesies koral dan 155 spesies ikan, seperti berbagai jenis hiu karang dan gurita serta berbagai kekayaan maritim lainnya. Kekayaan biologi lain yang ada di kepulauan ini antara lain 48 spesies pohon, 26 spesies burung, 14 spesies reptil, dan 7 spesies mamalia.

Beberapa penyelam internasional berpendapat bahwa kawasan pantai Padaido merupakan salah satu kawasan yang memiliki terumbu karang yang paling spektakuler di dunia. Maka dari itu, taman laut ini sangat cocok untuk petualangan menyelam dan snorkeling. Hanya membutuhkan waktu 1 jam dari pelabuhan Bosnik untuk mencapai kepulauan Padaido dengan menggunakan motor boat dan sekitar 3-4 jam menggunakan kano dayung. Pulau ini menawarkan berbagai daya tarik, gua bawah laut, dan terowongan untuk dijelajahi.


.

Seperti yang banyak ditemui di pulau induk, anda juga akan sering mendapati sisa-sisa kapal laut, pesawat terbang, dan tank yang karam. Besi-besi tua itu berubah menjadi media bagi terumbu karang yang menjadi tumpuan seluruh kehidupan laut. Karang atol di perairan ini juga menjadi rumah bagi ikan-ikan besar seperti tuna sirip biru yang bisa mencapai panjang 2 meter dan ikan kelelawar yang biasa datang bergerombol dalam jumlah yang besar. Penyelam juga akan sering menemui berbagai jenis hiu, ikan pari, dan penyu.

No comments:

Post a Comment