Tuesday, December 15, 2009

Pantai Krakal - Yogyakarta


Jogjakarta. Kota ini memang menjadi tempat kunjungan wisata paling populer setelah Bali di Indonesia. Selain nilai budayanya yang mengakar kuat pada masyarakatnya, Jogja juga memiliki panorama alam yang indah. Berada di bibir Pantai Selatan, Laut Jawa, provinsi ini diberkahi dengan pemandangan alam menghadap ke laut yang menakjubkan. Jangan hanya pantai Parangtritis saja yang Anda jajaki jika berkunjung ke kota ini.

Pantai Krakal terletak di Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, sekitar 3 km di sebelah timur dari deretan Pantai Baron-Kukup-Sepanjang-Drini dan merupakan pantai terpanjang dibanding pantai lainnya dengan bentangan pasir putih yang landai. Indahnya hamparan hijau perbukitan kapur dengan air laut yang berwarna biru menyajikan suatu harmoni yang sunguh asri, sangat ideal untuk menikmati hangatnya sinar matahari.

Hamparan pantai pasir putih seluas 5 kilometer langsung menyambut Anda. Di sekitarnya terdapat beberapa batu karang besar di tengah pantai yang semakin melengkapi keindahan panorama alam yang menakjubkan ini. Konon katanya, pada zaman dulu daerah Krakal merupakan dasar dari lautan yang oleh proses pengangkatan, dasar laut ini semakin lama semakin meninggi dan akhirnya muncul sebagai dataran tinggi. Batu-batuan karang yang nampak pada waktu itu, merupakan bekas rumah binatang karang yang hidup di lautan saat itu.

Maka dari itu, tidak mengherankan jika pantai ini menawarkan beragam tekstur alam yang indah. Mulai dari karang-karang yang sering kali dihiasi dengan kehadiran bintang-bintang laut, hamparan pantai pasir putih landai yang cocok untuk Anda berenang ataupun sekedar berjemur sepuas hati, hingga bebatuan besar ada di tengah dan dekat pesisir dalam bentuk-bentuk yang indah akibat abrasi pantai.

Keeksotisan alam saat perjalanan menuju pantai ini juga sangat terlihat. Batu-batu karang yang menjulang menjadikan daya tarik sendiri bagi pengunjung sebelum mencapai tempat ini.

No comments:

Post a Comment