Sunday, June 28, 2009

Puerto Galera

.

Puerto Galera dan sekitarnya adalah salah satu dari banyaknya keindahan dan daerah tempat peristirahatan yang sangat terkenal di Philipina. Tempat ini mendapatkan keuntungan besar melalui Boracay atau tempat peristirahatan di kota Cebu yang dekat dengan Manila. Setelah 11/2 (satu setengah) jam dengan menggunakan bus, berhenti di Batangas dan sekitar 11/2 (satu setengah) jam dengan menggunakan kapal ferri, para wisatawan dari Manila dengan nyaman mencapai tujuannya. Orang yang memutuskan untuk pergi ke Puerto Galera harus menabung karena biaya yang mahal melalui perjalanan udara dan menghindari masalah-masalah yang mungkin sudah menanti dalam daftar penerbangan, dan mereka tetap akan mendapatkan balasan dengan salah satu dari banyaknya pantai laut yang asyik di luar kota dimana telah terkenal di dunia. Ini juga merupakan kesalah pahaman karena tempat ini berdekatan dengan Manila, sebenarnya Puerto Galera cukup jauh dari peradaban dunia. Sebagai bahan kenyataan, Mindoro adalah salah satu dari banyaknya pulau buas di Philipina dimana hutan yang masih alami merupakan presentasi tertinggi dan pastilah kedudukan alamnya lebih mempesona dibandingkan Panay yang berada di pulau Boracay. Karena itu, para turis yang ingin mendapatkan banyak pantai, turis yang ingin membuat hutan sebagai tempat tamasya, harus memilih Puerto Galera melewati Boracay.


Perjalanan dengan kapal ferri dari Batangas ke Puerto Galera benar-benar telah menjadi daya tarik. Secara singkat setelah keberangkatan dari dermaga di Batangas, barisan pegunungan yang mengesankan di Mindoro kelihatan sebelum mata pelancong itu melihatnya. Persilangan jalan lintas pulau Verde, satu lintasan pulau Verde (di sebelah timur) dan pulau Maricaban (di sebelah barat). Seringkali, ikan lumba-lumba mengiringi kapal ferry ini.

Puerto Galera adalah salah satu dari banyaknya pelabuhan alam yang mengasyikkan di dunia. Pulau Medio di sebelah utara dan jazirah Boquete (pasang rendah, pasang tinggi di pulau Boquete) yang melindungi pelabuhan Puerto Galera yang kebanyakan telah ditutup. Karena itu cekungan pelabuhan kelihatan seperti danau berbentuk jari telapak tangan.

Pantai-pantai di jazirah timur laut Puerto Galero (Pantai Sabang, Lalaguna Besar, Lalaguna Kecil) adalah daerah berpasir tetapi ada juga daerah yang berbatu. Pantai Encenada dan pantai Coco dipelihara dengan baik yang merupakan daerah berpasir putih. Pantai-pantai di kota sebelah selatan, yaitu pantai Hondura yang memberikan pilihan melalui pantai Balete. Pantai-pantai di San Isidro sebelah barat merupakan pantai-pantai terbesar dan memiliki pasir putih yang indah. Pantai Tabinay yang jaraknya kira-kira 3 km sebelah tenggara Puerto Galera sangat tenang dan hanya memiliki prasarana yang sederhana.


No comments:

Post a Comment